Back

Cherry Blossom di Washington D.C.

Setelah menjalani musim dingin yang teramat dingin yang mengharuskan saya pakai baju yang tebal-tebal akhirnya musim semi datang juga. Bunga-bunga indah mulai bermekaran, pohon-pohon mulai mengeluarkan daun-daun hijau seperti pohon-pohon hijau di Papua yang selalu mekar sepanjang tahun karena alam di Papua hanya punya dua musim.

Tidak seperti di Indonesia, Amerika punya empat musim, yaitu musim panas, dingin, gugur dan semi. Hal yang paling terkenal di musim semi di Amerika adalah mekarnya bunga-bunga sakura. Yang saya tahu bunga sakura itu ada di Jepang tapi ternyata di Amerika, tepatnya di Washington D.C. juga ada.

Menurut cerita dari teman-teman di Amerika, bibit bunga sakura ini pemberian Pemerintah Jepang kepada  Pemerintah Amerika yang akhirnya ditanam di seluruh wilayah Amerika.  

Untuk menyambut musim semi warga Amerika khususnya di Washington D.C. tempat saya tinggal merayakan acara tradisional tahunan seperti festival Sakura Matsuri, cherry blossom parade, National Cherry Blossom Festival dll. Tahun ini, acara tersebut berlangsung pada 20 Maret sampai 13 April.

Tidak mau kalah dengan orang lain, saya bersama ketiga teman saya Dea, Ankit dan Teguh dari CCIP berkunjung ke Washington D.C. untuk melihat festival Sakura Matsuri. Panas matahari hari itu tidak membuat niat kami untuk berjalan mengikuti parade bersama lautan orang di Washington D.C., pupus. Ribuan orang memenuhi Washington D.C. dan mengakibatkan sebagian jalan besar ditutup. Semua orang yang berkunjung hanya boleh menggunakan kereta Metro dan sepeda, tidak ada yang boleh bawa kendaraan pribadi.

Bunga sakura atau cherry bermekaran sangat indah dengan warna putih, ungu , merah muda yang membuat mata saya sejuk setelah memandang dan mencium wanginya. Bunga sakura ini ditanam di tempat yang sangat strategis di sekeliling Jefferson Memorial, National Monument, Lincoln Memorial dan museum lainnya.

Musim semi memang mempunyai ciri yang romantis, semua orang memanfaatkan kesempatan ini untuk berpiknik, berkumpul bersama keluarga, kerabat, sahabat dan pacar di bawah rindangnya bunga sakura.

Banyak juga kegiatan yang dapat dilakukan pada saat Cherry Blossom Festival seperti menyewa boat sambil mendayung melihat bunga sakura dari kolam Jefferson, naik kereta yang ditarik kuda, naik sepeda di sepanjang sisi Potomac River, menikmati makanan di pinggir jalan Washington D.C. dll.

Saya tidak mencoba  semua kegiatan yang ditawarkan ini karena sebagian harus bayar. Tapi sebagian besar kegiatan gratis, jadi saya cari yang gratis saja, hahaha.

Ini adalah pertama kalinya saya melihat dan menikmati parade bunga sakura di Amerika yang biasanya hanya bisa saya lihat di TV. Oh ya, tapi kalau tidak salah di Surabaya juga ada bunga sakura. Semoga setelah balik ke Indonesia saya bisa berkunjung ke Surabaya dan tidak perlu jauh-jauh ke Jepang.

Selamat datang musim semi, semoga teman-teman menyukai cerita saya.

  1. daripapuakeamerika posted this