Back

Berkunjung ke Arlington National Cemetery

Beberapa minggu yang lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke Arlington National Cemetery yang berlokasi di Virginia. Arlington National Cemetery adalah  pemakaman yang juga menjadi tempat peringatan bagi pahlawan perang, veteran, dan tokoh-tokoh sejarah Amerika. Tempat di mana lebih dari 285.000 anggota militer yang telah meninggal di medan pertempuran dikuburkan ini mirip dengan Taman Makan Pahlawan di Jakarta.

Walaupun tempat ini sangat terkenal, baru pada bulan ketujuh saya di Amerika baru akhirnya berkunjung ke tempat yang terbuka untuk umum ini. Bermula ketika salah satu professor di kampus yang sangat baik kepada kami mengundang saya dan teman-teman internasional lainnya untuk menghadiri upacara penghormatan militer ayahnya yang telah berpulang dua tahun silam ke pangkuan Yang Maha Esa.

Penghormatan secara militer ini diberikan kepada para veteran atau anggota militer yang meninggal secara hormat di medan pertempuran untuk membela negaranya. Upacara militer ini dilakukan setiap dua tahun dan tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan  untuk menyaksikannya.

Sepanjang hari itu hujan turun sangat deras, namun tidak menghentikan niat saya menghadiri upacara penghormatan militer karena ini merupakan salah satu tradisi di Amerika yang harus saya lihat langsung daripada dengar cerita dari orang lain atau lihat di TV.

Di antara ribuan batu nisan putih yang berjejer rapi ada makam Presiden John F Kennedy, Hakim Agung Thurgood Marshall dan juga juara dunia petinju Joe Louis. Semoga mereka semua beristirahat dengan tenang. Amin.

  1. daripapuakeamerika posted this